Header Ads

About Sirandorung

Sirandorung adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, Indonesia.

Sirandorung, sebuah kecamatan yang terletak 20 km disebeah utara BARUS atau 100 Km dari Pandan, ibukota Kab. Tapanuli Tengah. Perjalanan darat dari Pandan dapat ditempuh sekitar 3 jam atau sekitar 45 menit perjalanan dari Barus. Sirandorung merupakan bagian dari Kecamatan Manduamas yang dimekarkan pada tahun 2005.

Adapun rute perjalanan dari Pandan menuju Sirandorung yakni dari kotamadya SIBOLGA - Kec. Tapian Nauli - Kolang - Sorkam - Sorkam Barat - Sosorgadung - Barus - Barus Utara - Andam Dewi - Sirandorung. Ketika anda memasuki Kec. Sorkam maka ada dapat memilih apakah akan menyusuri tepi pantai maupun melewati kaki bukit sampai ke Barus.

Di daerah ini kegiatan utama ekonomi adalah pertanian, seperti pohon Kelapa Sawit, pohon karet, pohon coklat, dan tanaman keras lainnya... Juga industri rumah tangga yakni Gula Merah yang dibuat dari Kelapa yang merupakan industri mayoritas penduduk eks Transmigrasi.

Selain itu juga di daerah ini terdapat 2 perusahaan swasta yang bergerak di bidang perkebunan kelapa sawit yaitu PT. Sinar Gunung Sawit Raya (SGSR) dan PT. Nauli Sawit (NS).

Sejak tahun 1990 di Sirandorung juga telah ada Pondok Pesantren Modern Darul Hikmah, yang melaksakan pendidikan setingkat Tsanawiyah (SMP) dan Aliyah (SMU), untuk memajukan pendidikan masyarakat sekitarnya. Sejak tahun 2004 telah ada SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) bidang Otomotif.

Tidak ada komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.